Uswatun Hasanah, S.Kep.,NS.,M.Kes and Sumarliyah , Eni and Suyatno Hadi S. , S.Kep., Ns., M.Ked.,Trop. and Reliani, S.Kep.Ns., M.Kes and Jihan Robbaniyah, S.Kep.,Ns
Pengkajian Mandiri Tingkat Stress dan Depresi Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19 dalam mengikuti Pembelajaran.
Project Report.
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA.
(Unpublished)
Abstract
Masa Pandemi Covid-19 membuat aktivitas pembelajaran mahasiswa beralih dari bertemu secara tatap muka menjadi pembelajaran E-Learning secara online secara penuh selama masa pembatasan Level 3. Sejumlah permasalahan pada pembelajaran e-learning seperti : Peserta didik merasa terisolasi, dis-orientasi, Kehilangan motivasi dan merasa stress serta depresi . Stres belajar dapat tergambar salah satunya melalui Anxiety Level dan Self Regulasi. Dampak psikologis tersebut dapat membuat resiko mahasiswa memiliki hasil belajar yang kurang baik.
Karakteristik mahasiswa semester II di program studi S1 Keperawatan fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya pada mata kuliah Keperawatan Dasar 2 yaitu sejumlah 102 mahasiswa.
Stress Belajar Mahasiswa sebanyak 69 responden yang tergolong rendah dengan presentase 67,6%. Sedangkan 33 responden yang tergolong Tinggi dengan presentase 32,4%.
Sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat stress belajar yang tinggi dengan kurangnya keinginan dan upaya dalam kesiapan belajar, serta tingginya tingkat kecemasan mahasiswa dalam pembelajaran
Kata Kunci : Stress Belajar, Anxiety level, Self Regulatory, Hasil Belajar Mahasiswa, Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19.
Actions (login required)
|
View Item |