UMSurabaya Repository

PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG IDEAL DI MTs. SUNAN GIRI SURABAYA

SANUSI, MOHAMMAD (2018) PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG IDEAL DI MTs. SUNAN GIRI SURABAYA. Undergraduate thesis, S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (1MB)
[img] PDF (BABA 1)
Download (174kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (878kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (35kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Download (3MB)

Abstract

Persepsi siswa berguna bagi pribadi guru tetapi juga dapat menjadi petunjuk bagi kekurangan guru. Dan guru pendidikan agama Islam yang ideal secara khusus diperlukan oleh siswa siswinya sebagai motivasi untuk mengembangkan kompetensi yang telah dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan pendidikan agama Islam dalam menghadapi era globalisasi. Berdasarkan dari permasalahan tersebut diatas maka penulis mencoba mengkaji tentang “Persepsi Siswa Siswi terhadap Guru Pendidikan Agama Islam yang Ideal di MTs. SUNAN GIRI SURABAYA” yang meliputi bagaimana guru Pendidikan Agama Islam yang ideal dan persepsi siswa siswi terhadap guru Pendidikan Agama Islam yang Ideal. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui guru Pendidikan Agama Islam yang ideal dan persepsi siswa-siswi terhadap guru Pendidikan Agama Islam yang ideal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs. SUNAN GIRI SURABAYA yang berjumlah 160 siswa dan sampelnya penulis tentukan 100 siswa yaitu 60% dari keseluruhan populasi. Pengambilan sample 60% (100 siswa) adalah dengan menggunakan tehnik sample random secara acak dan tehnik sample purposive digunakan untuk kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam MTs. SUNAN GIRI SURABAYA. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, metode interview, metode dokumentasi, dan metode angket. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1.Guru pendidikan Agama Islam yang ideal adalah guru yang dapat memberikan bimbingan dan pengarahan, meningkatkan kualitas pendidikan, memberikan suri teladan. 2.Syarat menjadi guru pendidikan agama islam yaitu bertakwa, berilmu dan amanah. Sedangkan tugas guru pendidikan agama islam yaitu mengarahkan, membimbing, mengajarkan ilmu. 3.Persepsi siswa terhadap guru PAI yang ideal yaitu dapat membentuk akhlak78%, memberikan suri teladan yang baik80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, guru Pendidikan Agama Islam, Ideal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 02 Jun 2022 09:49
Last Modified: 02 Jun 2022 09:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item View Item