UMSurabaya Repository

Desain Awal Kapal Barang dan Penumpang Untuk Perairan Sungai

Yazid Basthomi, Akhmad and Hery inprasetyo, ST and Edi Rianto, ST., MT. (2015) Desain Awal Kapal Barang dan Penumpang Untuk Perairan Sungai. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (505kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Kondisi sarana angkutan sungai khususnya kapal barang dan penumpang yang masih tradisional dengan desain yang sederhana masih banyak dijumpai dan digunakan di beberapa daerah di Indonesia. Dengan kondisi sarana yang demikian tidak sebanding dengan kebutuhan pelayanan transportasi masyarakat yang lebih aman, nyaman, efektif dan efisien seperti yang diharapkan oleh masyarakat. Untuk memenuhi kriteria tersebut dianggap perlu adanya desain kapal barang dan penumpang yang cocok untuk transportasi sungai yang optimal dari aspek konstruksi, keselamatan, dan ramah lingkungan. Survei lokasi untuk mendapatkan data yang relevan bagi kepentingan desain dengan mengadakan observasi langsung ke perairan sungai Seleko provinsi Jawa Tengah, sungai Kapuas provinsi Kalimantan Barat, danau Tondano provinsi Sulawesi Utara dan sungai Musi provinsi Sumatera Selatan. Dari data-data kapal pembanding kapal barang dan penumpang dilakukan proses regresi dan matrikulasi hasil survey menghasilkan set ukuran utama: panjang (Lpp) 15.85m, lebar (B) 4.5m, tinggi (H) 1.6m, sarat (T) 1,1m. Kapal barang dan penumpang direncanakan menggunakan material baja yang memiliki kekuatan lebih besar bila dibandingkan dengan material lainnya seperti fiber, dengan kapasitas penumpang sebanyak 12 orang dan kapasitas kendaraan sepeda motor sebanyak 10 unit beserta dengan muatan barang berkisar 25 ton. Dari hasil analisa hambatan didapatkan sebesar 25,36 kN (dengan software), sedangkan hasil perhitungan dengan excel dari formula hambatan Holtrop sebesar 25,17 kN, dimana koreksi perbedaannya sebesar 0,65%. Dari hasil analisa stabilitas awal untuk kondisi full load dan ballast arrival pada model menunjukkan bahwa persyaratan stabilitas kapal memenuhi kriteria dari persyaratan IMO. Sedangkan dari hasil perhitungan stabilitas pada kondisi kapal kosong, tangki 10% dan kapal muatan penuh juga memenuhi kriteria dari persyaratan IMO. Dengan demikian model telah memenuhi syarat kaidah-kaidah perancangan kapal serta rule dan regulation. Kata kunci : kapal barang dan penumpang, optimal, hambatan, stabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08. Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
08. Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Users 322 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:57
Last Modified: 13 Nov 2017 07:57
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item