UMSurabaya Repository

Analisis Perkembangan Sosio-Emosional Anak Kelas V Selama Pelaksanaan Belajar dari Rumah

Rahmani, Zahroh and Badruli, Martati and Fajar, Setiawan (2022) Analisis Perkembangan Sosio-Emosional Anak Kelas V Selama Pelaksanaan Belajar dari Rumah. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6 (1). pp. 333-339. ISSN P-ISSN: 2548-8201 E-ISSN: 2580-0469

[img] PDF (Artikel)
Download (649kB)
[img] PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (1MB)

Abstract

Artikel ini disusun dengan tujuan untuk menganalisis perkembangan sosio-emosional siswa kelas V dan mengetahui permasalahan terkait perkembangan sosio-emosional yang timbul selama belajar dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang terdiri dari wawancara guru kelas, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selama pelaksanaan belajar dari rumah, perkembangan sosio-emosional siswa kelas V tetap berlangsung namun terdapat beberapa permasalahan yang timbul berkaitan dengan mengatur emosi, menggunakan emosi secara efektif dan menjalin hubungan. Contohnya seperti siswa cenderung melakukan tindakan agresif sebagai bentuk penyampaian emosi, rasa tanggung jawab terhadap tugas yang kurang, serta rendahnya kemampuan untuk menjalin hubungan sosial. Permasalahan tersebut dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti terbatasnya interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa, ketidakmampuan orang tua menggantikan peran guru untuk membimbing dan mengontrol siswa dan berubahnya lingkungan dan gaya belajar siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengidentifikasi lebih lanjut dan menemukan cara penyelesaian dari masalah yang timbul. Kata Kunci: perkembangan sosio-emosional, anak, BDR.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Badruli Martati
Date Deposited: 16 Mar 2023 12:50
Last Modified: 16 Mar 2023 12:50
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6380

Actions (login required)

View Item View Item