Badruli, Martati (2022) PENGEMBANGAN KONSEP DIRI DALAM UPAYA PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TEKNIK KLARIFIKASI NILAI. In: Bunga Rampai Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia “Teori, Implikasi, dan Implementasi di Kelas”. CV. Pena Persada, pp. 284-295. ISBN ISBN : 978-623-455-010-8
PDF (Artikel)
Download (988kB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (2MB) |
|
PDF (Peer Review)
Download (1MB) |
Abstract
Siswa yang melakukan bullying dapat diartikan bersikap negative merupakan perilaku tidak bertanggung jawab. Sikap tanggung jawab dapat diartikan sebagai berani menghadapi konsekuensi dari pilihan hidup; mengembangkan keseimbangan antara hak dan kewajiban; dan mengembangkan hidup bersama secara positif. Bullying sebagai budaya kekerasan perlu dihilangkan atau diminimanisasi sejak dini. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) perbedaan sikap tanggung jawab siswa antara yang belajar dengan metode pembelajaran VCT dan ekspositori; 2) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan konsep diri. Hasil penelitian ditemukan perbedaan yang signifikan antara Sikap Tanggung Jawab siswa yang belajar dengan Metode VCT adalah 86,55 dan Metode pembelajaran Ekspositori adalah 81,64. Berdasarkan hasil perhitungan ANAVA yang terlihat dari gambar Grafik Interaksi dapat disimpulkan pada kelompok dengan Konsep Diri Tinggi lebih relevan jika menggunakan Metode pembelajaran VCT sedangkan pada kelompok yang memiliki Konsep Diri Rendah lebih relevan menggunakan Ekspositori. Implikasinya, metode pembelajaran VCT dapat mempengaruhi internalisasi nilai pada Sikap Tanggung Jawab siswa. Konsep diri tinggi diperlukan oleh karena berkorelasi secara signifikan dengan prestasi akademik. Siswa yang memiliki konsep diri tinggi mampu mengendalikan diri dengan baik, tidak agresif dalam interaksi sosial. Keywords: bullying, karakter, konsep diri, PPKn, teknik klarifikasi nilai
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Buku > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Badruli Martati |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 09:32 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 01:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6403 |
Actions (login required)
View Item |