Badruli, Martati (2014) PENERAPAN HAK ASASI MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIAGA BENCANA. Temu Ilmiah Nasional Guru VI (TING VI) Tahun 2014 Tema “Kurikulum 2013 Untuk Membangaun Generasi Emas”. ISSN ISBN : 978-979-011-923-9
PDF (Artikel)
Download (771kB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (3MB) |
|
PDF (Peer Review)
Download (1MB) |
Abstract
Berbagai bencana telah menimpa Indonesia seperti di Aceh, Padang, Nias, Jogyakarta, Jateng Selatan, Sulawesi Utara, Halmahera dan lain- lain. Bencana dapat menimpa setiap manusia, meski tidak seorangpun menghendaki datangnya bencana. Sesunguhnya bencana adalah pengaruh alam atau ancaman yang dibuat manusia yang berdampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan. Informasi atau pengetahuan tentang adanya bencana menjadi hak bagi setiap warga negara untuk mendapatkan dari negara, dimana merupakan hak untuk hidup aman dari ancaman bencana. Perlindungan terhadap hak hidup manusia merupakan bagian dari hak asasi manusia yang wajib diberikan negara. Sebagai penerapan hak asasi manusia kepada warga negara dapat diberikan melalui pembelajaran. Sebuah model pembelajaran yang dirancang untuk mencapai tujuan agar peserta didik memiliki karakter siaga bencana. Karakter siaga bencana merupakan kemampuan yang perlu dimiliki peserta didik pada saat prabencana, ketika terjadi bencana dan pascabencana. Kata kunci: bencana, hak asasi manusia, pengetahuan, model pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Badruli Martati |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 09:27 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 09:27 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6558 |
Actions (login required)
View Item |