Yuliani, Yuliani and Sujinah, Sujinah (2022) Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2). pp. 170-180. ISSN 2654-4199
PDF (Artikel)
- Published Version
Download (801kB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (2MB) |
Abstract
Hybrid Learning menjadi pilihan utama saat pandemi namun belum teruji penerapannya terutama dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran teks editorial dengan menggunakan metode problem based learningdengan moda hybridsiswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.Penelitian ini berjenis kuantitatif walau di dalamnya terdapat data kualitatif yang tidka mendominasi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes.Data dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana yaitu presentase dan presentasi indekskeberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode problem based learningdengan moda hybridpada pembelajaran teks editorial sangat signifikan. Nilai rata-rata sebelum penerapan model/metode problem based learningdengan moda hybrid adalah75, sedangkan sesudah menerapkan metode/model tersebut adalah 83. Pencapaian ini juga dipengaruh peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran dengan menerapkan mempelajaran secara berkelompok dan juga menerapkan strategi teman sebaya
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning; Mode hybrid; Teks Editorial; |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | SUJINAH SUJINAH SUJINAH |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 06:30 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:30 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6701 |
Actions (login required)
View Item |