Setiawan, Fajar and Sukamto, Sukamto (2021) IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR PERINTIS (KMP) SEBAGAI CIKAL BAKAL PENGGERAK PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR. IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR PERINTIS (KMP) SEBAGAI CIKAL BAKAL PENGGERAK PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR, 10 (2). pp. 339-345. ISSN 2303-1514
PDF
Download (37MB) |
|
PDF
Download (2MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan Kampus Mengajar Perintis (KMP) 2020 sebagai cikal bakal penggerak pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Adapun tahapan dalam penelitian naratif ini adalah (1) identifikasi fenomena dalam pendidikan yang akan diteliti, (2) menentukan partisipan yang memungkinkan peneliti untuk mempelajari fenomena yang akan diteliti, (3) mengumpulkan informasi (pengalaman) dari partisipan, (4) menceritakan kembali informasi (pengalaman) dari partisipan, (5) berkolaborasi dengan partisipan, serta (6) menuliskan narasi berdasarkan informasi (pengalaman) dari dua partisipan. Hasil penelitian menunjukkan jika implementasi kegiatan KMP 2020 ini sebenarnya sangat membantu para guru-guru di sekolah sasaran, khususnya dalam pembelajaran literasi dan numerasi. Karena tidak jarang banyak guru yang enggan untuk melaksanakan pembelajaran literasi dan numerasi di kelasnya, meskipun program literasi dan numerasi sudah digalakkan sejak lama. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, mulai dari usia yang berpengaruh kepada motivasi, pemahaman guru terhadap pembelajaran literasi dan numerasi, sampai keterbatasan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Fajar Setiawan Fajar |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 05:13 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 05:13 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6881 |
Actions (login required)
View Item |