Siswanto, Heru Budi and Ma’ruf Sya’ban, SE, M.Ak and Zeni Rusmawati, S.Pd., M.Pd (2016) ANALISIS BREAK EVEN POINT TERHADAP PERENCANAAN LABA CV. UUL ANUGERAH SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (228kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 1)
Download (161kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 2)
Download (386kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 3)
Download (98kB) | Preview |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (632kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (374kB) |
Abstract
Analisis Break Even Point adalah sebuah analisis yang di gunakan oleh pimpinan perusahaan untuk mengetahui atau merencanakan pada volume penjualan berapakah perusahaan yang bersangkutan tidak memperoleh keuntungan atau tidak menderita kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penetuan Break Even Point CV. Uul Anugerah Surabaya tahun 2011-2015 serta untuk mengetahui sejauh mana peran Break Even Point terhadap perencanaan laba CV. Uul Anugerah Surabaya. Objek penelitian pada penelitian ini adalah CV. Uul Anugerah Surabaya yang bergerak di bidang percetakan. Pendekatan penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian Deskriptif Kualitatif. Pada penelitian ini, Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah Interview dan Dokumentasi dengan pengolahan data menggunakan teknik kalkulasi dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan pada periode 2011-2015 sudah mencapai Break Even Point dan perusahaan mendapatkan laba. Tahun 2016, target laba yang di rencanakan adalah sebesar Rp. 329.901.666 sedangkan perencanaan biaya tetap 2016 sebesar Rp. 261.879.345 dengan nilai Contribution Margin sebesar Rp. 467.662.390 atau sebesar 60%. Perencanaan penjualan yang dibuat untuk mencapai target laba 2016 sebesar Rp. 976.082.815 dengan nilai Break Even Point sebesar Rp. 431.959.995 dan Margin of Safety sebesar Rp. 544.122.820 atau sebesar 55,7%. Break Even Point mempunyai peran signifikan di perusahaan, yakni Break Even Point sebagai alat perencanaan laba jangka pendek, sebagai informasi penjualan minimum perusahaan, dan sebagai alat penyusunan strategi pencapaian laba perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penjualan yang dilakukan CV. Uul Anugerah tahun 2011-2015 sudah mencapai Break Even Point, serta Break Even Point mempunyai peran yang penting dalam perencanaan laba CV. Uul Anugerah Surabaya. Saran – saran yang di kemukakan adalah manajemen perlu mempertahankan pencapaian tahun 2011-2015 serta perlunya pembuatan rencana penjualan dan biaya perbulan sebagai bahan evaluasi pencapaian yang dilakukan serta perlunya promosi-promosi yang lebih gencar lagi dalam menarik minat konsumen. Kata – Kata Kunci : Break Even Point, Laba, Analisis, Perencanaan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | 02. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 06:20 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:20 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/731 |
Actions (login required)
View Item |