Rusda, Rusda (2019) PERANAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI RA AL-JAZIEL DESA JARIN KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (554kB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran taman kanak-kanak diarahkan untuk memberdayakan semua aspek perkembangan anak untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Pengembangan Kecerdasan emosi anak sebagai salah satu aspek perkembangan anak mempunyai peran penting dari dinamika otak manusia. Supaya proses belajar menyenangkan, peranan keluarga, guru harus bisa mengembangkan model pembelajaran dengan jenis kegiatan bervariasi serta pendekatan bermain sambil belajar, mengembangkan kecerdasan emosi anak dapat menumbuhkan motivasi anak untuk melaksanakan tugas yang diberikan guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis merancang penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengembangkan kecerdasan emosi anak melalui peranan keluarga. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di RA AL-JAZIEL Desa Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan sebanyak 28 anak, kecerdasan emosi anak melalui peranan keluarga perlu ditingkatkan. Kecerdasan emosi anak merupakan model pembelajaran yang memadukan pembelajaran bermakna, secara sistematis dan berkelanjutan dengan mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan di sekitar sebagai sumber belajar dan segala benda-benda yang mengandung informasi sebagai wahana anak didik untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas lamannya melalui pengalaman belajar yang nyata, atraktif, menarik dan menantang. Penelitian berlangsung dengan melakukan pengamatan minat, keaktifan dan kemampuan anak melaksanakan tugas secara tuntas. Data di kumpulkan melalui teknik observasi, angket, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, di simpulkan bahwa Peranan keluarga dapat meningkatkan , mengembangkan kecerdasan emosi anak di RA AL-JAZIEL Desa Jarin Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan . Hasil ini di buktikan dengan data kemampuan motorik kasar anak mencapai rata-rata 94,2%, terdapat peningkatan dari sebelumnya. Agar supaya kecerdasan emosi anak meningkat, maka peranan keluarga, Guru khususnya di taman kanak-kanak sangat penting sekali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Drs. Wahono, M.Si ; 2. Tri Kurniawati, S.Gz., M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | Peranan Pendidikan Keluarga dan Kecerdasan emosi anak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Lailil Aswiyatul Mustdzalifah |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:55 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7578 |
Actions (login required)
View Item |