UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG JEMUR ANDAYANI SURABAYA

Hakim, Luqman (2019) IMPLEMENTASI SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG JEMUR ANDAYANI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (972kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (519kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (728kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (296kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (927kB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis sudah sangatlah ketat, banyak usaha yang sama, terlalu banyak produk dengan berbagai keunggulan serta nilai yang ditawarkan oleh para pesaing, pada kondisi semacam ini banyak perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran menyimpang dari karakteristik dan prinsip syari’ah hanya untuk memuaskan pelanggan agar mereka tidak beralih ke perusahaan lain. Di Bank Syariah Mandiri Jemur Andayani Surabaya dalam perkembangan jumlah konsumen mengalami peningkatan yang diduga hanya memuaskan konsumen belaka, permasalahan disini adalah bagaimana implementasi syariah marketing dalam meningkatkan kepuasan nasabah serta bagaimana karakteristik dan prinsip-prinsip syariah marketing pada perusahaan tersebut serta apakah kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh karakteristik serta prinsip syari’ah marketing. Oleh karena itu dengan fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Karakteristik Syari’ah Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Jemur Andayani Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Terdapat beberapa informan dalam subjek penelitian ini. Data dikumpulkan dengan cara observasi langsung, wawancara serta dokumentasi sebagai barang bukti yang ada. Adapun analisis data yang digunakan yaitu menelaah seluruh data, reduksi data, serta menyusun hasil data tersebut kedalam satu-satuannya yang telah dibahas oleh penyusun. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Syariah Marketing dalam meningkatkan kepuasan nasabah telah menerapkan 4 karakteristik syariah marketing serta beberapa prinsip-prinsip syariah marketing. Walaupun penerapan belum begitu dikatakan sempurna tetapi setidaknya proses pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Jemur Andayani Surabaya sudah sesuai syariat dan tidak ada yang bertentangan dengan syariat agama yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dian Berkah, M.H.I ; 2. Abdul Mujib, M.M
Uncontrolled Keywords: Syari’ah Marketing, serta Kepuasan Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Faizal Ramadhani
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:10
Last Modified: 10 Aug 2023 02:10
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item