Yuliana, Uci Nelly and Iis, Holisin and Shoffa, Shoffan (2019) Penerapan model experiential learning dan make a match untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa smp. Jumlahku : Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5 (2). pp. 91-102. ISSN Print ISSN 2443-3500
PDF (Artikel)
- Published Version
Download (523kB) |
|
PDF (Plagiasi)
Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran experiential learning dan make a match. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 11 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 60% dan banyaknya siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 92,5% atau mengalami peningkatan sebesar 32,5% dari siklus I. Sedangkan peningkatan kemampuannya termasuk kategori sedang yang ditunjukkan oleh besarnya nilai N-gain siklus I sebesar 0,45 dan siklus II sebesar 0,5 mengalami kenaikan sebesar 0,05. Hasil analisis aktivitas siswa aktif siklus I sebesar 91,48% dan aktivitas siswa aktif pada siklus II meningkat sebesar 2,5% menjadi 93,98% termasuk kategori aktif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas siswa, experiential learning, hasil belajar, make a match |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | SHOFFAN SHOFFA SHOFFA |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 08:19 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 08:19 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8222 |
Actions (login required)
View Item |