Rosidah, Indah and Iis, Holisin and Shoffa, Shoffan (2022) META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING DI MASA PANDEMI. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 15 (2). pp. 258-274. ISSN p-ISSN: 1979-3545; e-ISSN: 2528-628X. (In Press)
PDF (Artikel)
- Published Version
Download (312kB) |
|
PDF (Plagiasi)
Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Hybrid Learning pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review dengan mereview dan menganalisis 11 artikel melalui platform google scholar. Hasil meta-analisis menggunakan effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran Hybrid learning berpengaruh pada pembelajaran matematika dari subjek jenjang pendidikan, materi pemelajaran, media bantu pembelajaran dan variabel terikatnya. Hybrid learning berdasarkan hasil analisis ternyata lebih tepat digunakan di jenjang SMP daripada SD atau SMA, hal ini ditunjukkan dengan effect size sebesar 1,76. Model Hybrid Learning juga lebih tepat digunakan pada materi Relasi dan Fungsi dengan effect size sebesar 2,17 dan berbantuan media pembelajaran google classroom dengan effect size 1,66. Adapun variabel terikat yang tepat untuk model pembelajaran Hybrid learning adalah motivasi belajar matematika siswa dengan effect size sebesar 3,13.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hybrid Learning, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | SHOFFAN SHOFFA SHOFFA |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 13:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 13:59 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8234 |
Actions (login required)
View Item |