Janna, Afrenda Miftahul and Shoffa, Shoffan and Wahyuni, Suryaningtyas (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2). pp. 126-145. ISSN p-ISSN: 2502-3802 e-ISSN: 2502-3799
PDF (Artikel)
- Published Version
Download (912kB) |
|
PDF (Plagiasi)
Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode active knowledge sharing terhadap kemampuan komunikasi matematika. Metode penelitian ini menggunakan meta-analisis dengan merangkum, mereview, serta menganalisis 15 artikel ilmiah yang di unduh secara online pada google scholar dan harzing. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran active knowledge sharing berpengaruh pada kemampuan komunikasi matematika siswa SMP kelas VIII. Hal ini ditunjukkan dengan nilai effect size kelas VIII sebesar 1,09. Materi pembelajaran yang berpengaruh sangat besar digunakan pada materi relasi dan fungsi dengan nilai effect size sebesar 1,70. Selain itu metode pembelajaran active knowledge sharing berpengaruh sangat besar pada variabel terikat kemampuan komunikasi matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai effect size variabel tersebut sebesar 1,4.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Knowledge Sharing,kemampuan komunikasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | SHOFFAN SHOFFA SHOFFA |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 14:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 14:03 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8237 |
Actions (login required)
View Item |