Shafwan, Muhammad Hambal and Hadi, M. Fazlurrahman PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENGAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT LAMONGAN. Project Report. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF
Download (579kB) |
Abstract
Pengajar atau guru merupakan faktor yang sangat dominan dalam proses pendidikan dan pengajaran, karena itu seorang guru harus mengerti, memahami dan menghayati berbagai prinsip pendidikan dan pengajaran serta tahap-tahap perkembangan peserta didik. Dalam memenuhi tuntutan profesional yang berlandaskan pada TQM, maka dalam hal ini guru diharapkan memiliki suatu kompetensi tertentu yang dapat mengarah kepada perbaikan secara terus menerus, menjamin terhadap kualitas pengajaran dan pembelajarannya, dan kepuasan konsumen pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana profesionalisme pengajar di SMA Muhammadiyah 1 Babat – Lamongan. (2).Bagaimana Penerapan Total Quality Manajemen (TQM) untuk meningkatkan Profesionalisme pengajar di SMA Muhammadiyah 1 Babat – Lamongan. (3). Apa faktor pendukung dan penghambat Penerapan Total Quality Manajemen (TQM) untuk meningkatkan profesionalisme pengajar di SMA Muhammadiyah 1 Babat – Lamongan. Penulis dalam penelitian ini memilih metode kualitatif desain deskriftif, yaitu penelitian yang memberi gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Dan hasil penelitian dan ini menunjukkan bahwa penerapannya kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam menguasai, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan sudah tergolong baik. Namun kemampuan guru dalam penguasaan struktur dalam indikator pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan belum bersifat praktis. Dan Kemampuan guru dalam mengusai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar belum optimal. Materi yang disampaikan guru sudah sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dan berdasarkan hasil penelitian ini (1) Kemampuan guru tingkat profesionalime dalam menguasai materi pembelajaran dapat dilihat saat menyampaikan materi guru belum optimal. (2) Dalam penerapan TQM masih belum secara maksimal di dalam pelaksanakan keseharian menejerial SMA Muhammadiyah 1 Babat; (3) Dukungan dan hambatan dalam menerapkan TQM di SMA Muhammadiyah 1 Babat masih belum optimal dan komitmen bersama seluruh komponen yang berada di dalam sekolah. Keyword: Total Quality Managemen, Profesionalisme, Pengajar
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Laporan Penelitian |
Depositing User: | MUHAMMAD HAMBAL HAMBAL |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 03:45 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 03:45 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8286 |
Actions (login required)
View Item |