UMSurabaya Repository

Pengaruh Artificial Intelligence Tools terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Teori Rogers

Naila, Ishmatun and Atmoko, Adi and Dewi, Radeni Sukma and Kusumajanti, Wahju (2023) Pengaruh Artificial Intelligence Tools terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Teori Rogers. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. ISSN 2579-6259

[img] PDF (Article Text)
Download (313kB)
[img] PDF (Plagiasi) - Supplemental Material
Download (2MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh alat bantu kecerdasan buatan/artificial Intelligence tools (AI) dalam pembelajaran terhadap motivasi siswa berdasarkan teori Rogers. Teori Rogers menekankan pentingnya pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memfasilitasi minat dan antusiasme siswa. Namun, siswa dan guru dapat merasakan dampak sistem AI secara negatif, dan sebagian besar pengalaman negatif dengan sistem AI berasal dari ekspektasi siswa yang tidak realistis dan kesalahpahaman tentang sistem AI. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis eksploratif dilakukan untuk menganalisis data yang telah didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI tools dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa menjadi lebih baik karena ketersediaan informasi dan kebutuhan yang dipersonalisasi bagi tiap siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ishmatun Naila
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:43
Last Modified: 14 Nov 2023 07:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8449

Actions (login required)

View Item View Item