UMSurabaya Repository

Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar

Rinawati, Agustin (2020) Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Artikel AgustinRinawati)
Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Hubungan tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data dari beberapa jurnal dan buku. Penelitian ini diawali dengan merumuskan permasalahan kemudian mencari data dari jurnal dan buku yang relevan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi literatur dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari 10 jurnal yang telah dianalisis sebelumnya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis narasi pada siswa sekolah dasar. Rata-rata yang didapatkan untuk keterampilan membaca sebesar 54,65% sedangkan untuk keterampilan menulis sebesar 55,14%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca sangat erat hubungannya dengan keterampilan menulis, semakin banyak dan baik dalam membaca maka karya tertulisnya juga semakin baik. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka diharapkan siswa memiliki keterampilan membaca yang baik karena dengan membaca sangat berpengaruh terhadap keterampilan menulis yang dimiliki. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai saran untuk guru agar dapat memotivasi dan memperhatikan siswanya dalam keterampilan membaca dan menulis dan sebagai rujukan bagi peneliti lain, karena hasil penelitian ini didapatkan dari analisis dari 10 jurnal yang telah terakreditasi dan sesuai dengan variabel yang diambil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Lilik Binti Mirnawati., S.Pd.I, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Fajar Setiawan., S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, keterampilan menulis narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:49
Last Modified: 17 Jan 2024 01:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8621

Actions (login required)

View Item View Item