Sujinah, Sujinah and Supriyanto, Eko and Hermoyo, Panji, R (2016) Pembudayaan Kreativitas Pada Mahasiswa Melaui Pembelajaran Menulis Dengan Pendekatan Student Centered Learning. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Daerah (MPBSD) FKIP Universitas Lampung. ISBN 978-602-60167-0-6
PDF (Artikel Prosiding)
Download (1MB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (19MB) |
Abstract
Pembudayaan adalah proses pencapaian hasil yang permanen berupa penghayatan segenap pengetahuan dan keterampilan yang didapat melalui pendidikan sehingga individu mampu melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan. Pendidikan memiliki jangkauan yang luas dari pembelajaran, karena mendidik berimplikasi membudayakan. Budaya mandiri sangat dibutuhkan di era globalisasi ini. Pembekalan mahasiswa dengan perangkat pembelajaran yang dapat melahirkan manusia yang dapat bersaing di era global tidak dapat dihindari. Pembudayaan kreativitas dapat dibentuk melalui bahaan ajar yang didesain dengan menggunakan pendekatan SCL. Dengan SCL capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan totalitas pribadi mandiri dan mahasiswa dapat merespon serta memperhitungkan stimuli. Penerapan SCL khususnya discovery learning pada mata kuliah Bahasa Indonesia Akademik dengan topik menulis proposal PKM terbukti berhasil memunculkan kreativitas mahasiswa dengan hasil dalam kategori baik berdasarkan empat kroteria kreativitas. Apabila di setiap pembelajaran menggunakan SCL, budaya kreatif akan terbentuk dengan sendiri.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, menulis, pembudayaan, student centered learning |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Dr. Sujinah, M.Pd. |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:42 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:42 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8639 |
Actions (login required)
View Item |