Irawan, Anang Dony (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN JUAL BELI ONLINE ATAS BARANG TIDAK SESUAI. Jurnal Education and Development, 10 (3). pp. 263-267. ISSN E ISSN 2614-6061 P ISSN 2527-4295
PDF
Download (427kB) |
|
PDF
Download (1MB) |
Abstract
Dalam dunia jual beli online sering kali terjadi perselisihan antara konsumen yang dirugikan oleh pelaku usaha.Kemajuan teknologi internet tidak dipungkiri adanya wadah untuk perdagangan secara online.Jual beli online adalah wadah untuk sistem transaksi online untuk menjual berbagai produk yang diperdagangkan. Saat ini sangat mudah mengenali potensi dan ketimpangan kesempatan dalam status sosial masyarakat. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui bentuk-bentuk dan upaya perlindungan hukum bagi konsumen jual beli atas barang yang tidak sesuai. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan denganmengkaji bentuk perlindungan hukum bagi konsumen jual beli atas barang tidak sesuai yang merupakan aturan hak bagi konsumen dan pelaku usaha dengan adanya wanprestasi. Selain itu juga mengkaji tentang upaya perlindungan hukum bagi konsumen atas barang tidak sesuai dan bagaimana terjadinya upaya hukumnya.Hasil dari kajian diperoleh bahwa upaya hukum dapat dilakukan secara litigasi dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri. Sedangkan upaya perlindungan hukum secara non litigasi oleh badan yang dapat menyelesaikan sengketa seperti badan penyelesaian sengketa konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jual Beli, Konsumen, Usaha, Perlindungan Hukum, Upaya Hukum. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Hukum |
Depositing User: | ANANG DONY IRAWAN |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:31 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8882 |
Actions (login required)
View Item |