Rahmawati, Dwi Suci (2024) Pengembangan E-LKPD Berbasis Stem Dan Model IBSC Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (686kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (283kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (507kB) |
|
PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kelayakan E-LKPD berbasis STEM dan model IBSC, (2) mendeskripsikan efektivitas E-LKPD berbasis STEM dan model IBSC, (3) mendeskripsikan efisiensi E-LKPD berbasis STEM dan model IBSC berdasarkan respon siswa, (4) mendeskripsikan kepraktisan E-LKPD berbasis STEM dan model IBSC. Jenis penelitian berupa penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (RnD) model 4-D (Four-D Models). Rancangan pengembangan 4-D terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sampel uji coba adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surabaya dengan jumlah populasi sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik validasi, teknik tes, teknik observasi, dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas sebesar 3,75 yang dinyatakan valid. Data dianalisis melalui uji T dan N-Gain. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) E-LKPD berbasis STEM dan Model IBSC dinyatakan valid dengan skor modus 3,75, (2) E-LKPD berbasis STEM dan Model IBSC cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kreatif dengan nilai sig <0,05 dan nilai N-Gain 0,50 dan 0,62, (3) E-LKPD berbasis STEM dan Model IBSC cukup efisien untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kreatif dilihat dari hasil efektivitas dan persentase respon positif siswa sebesar 92,4%, serta (4) kepraktisan pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan nilai persentase keterlaksanaan pembelajaran 100% dan skor modus 4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Moch. Adi Candra |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:21 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:21 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9442 |
Actions (login required)
View Item |