Bachtiar, Ade and Solikin, ST., MT. (2017) Analisa Kelaikan Kendaraan Niaga 4000 CC dari Sudut Pandang Kapasitas Mesin dan Uji Fungsi Rem (Study Kasus Hasil Pengujian Kendaraan Bermotor di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes, Surabaya. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (258kB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
Abstract
Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda diperlambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Energi kinetik meningkat sebanyak pangkat dua kecepatan (E = ½ m·v2). Ini berarti bahwa jika kecepatan suatu kendaraan meningkat dua kali, ia memiliki empat kali lebih banyak energi. Rem harus membuang empat kali lebih banyak energi untuk menghentikannya dan konsekuensinya, jarak yang dibutuhkan untuk pengereman juga empat kali lebih jauh. Beban yang dibawa oleh suatu kendaraan juga berpengaruh pada hasil efisiensi gaya pengereman jika berat muatan maksimal kendaraan semakin besar maka keawetan dan kinerja maksimal efisiensi rem yang dihasilkan akan semakin cepat berkurang nilai efisiensinya. Serta untuk mengetahui performa kendaraan bisa dilihat keterkaitan mesin dengan gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut. Karena semakin tebal gas buang kendaraan mesin diesel, mesin tersebut tidak sedang dalam keadaan baik. Pada penelitian ini akan dibahas tentang keterkaitan hubungan batasan daya angkut muatan kendaraan dengan hasil efisiensi pengereman pada saat di uji laik kendaraan. Serta, performa kendaraan dilihat berdasarkan hasil uji gas buang kendaraan niaga mesin diesel di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes, Kota Surabaya. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah dengan pengamatan, analisa dan perhitungan secara teoritis. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa jika dengan kapasitas mesin yang sama tetapi memiliki Jumlah Berat Yang Diperbolehkan (JBB), berdasarkan rancangan dan penentuan dari pabrik, mempunyai angka yang lebih besar, akan mempengaruhi jumlah daya angkut muatan maksimal yang didapat juga lebih besar dan berpengaruh pada efisiensi gaya pengereman yang dihasilkan setiap tahun akan semakin kecil. Performa kendaraan dapat dilihat dari hasil gas buang kendaraan bermotor; semakin tebal gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan mesin diesel semakin rendah performa kendaraan dan seabnding dengan umur kendaraan. Kata Kunci : efisiensi rem, daya angkut muatan, emisi gas buang, performa kendaraan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Users 322 not found. |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 08:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 08:21 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/950 |
Actions (login required)
View Item |