UMSurabaya Repository

Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam di Salah Satu Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo

Haqi, Tanzilia (2024) Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam di Salah Satu Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluam)
Download (764kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 7)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan menunjukkan tingkat kesempurnaan rumah sakit dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pasien (Saputra and Ariani, 2019). Sedangkan pada masa kini, banyak rumah sakit dianggap belum mampu memberikan pelayanan kesehatan dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang kepuasan pasien di salah satu rumah sakit Sidoarjo khususnya di Poli Penyakit Dalam. Hal ini dikarenakan poli tersebut memiliki banyak pasien dan belum pernah dilakukan penelitian dengan topik kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan. Hasil dari penelitian dapat dijadikan bahan masukan atau perbaikan mutu dan akan sangat berdampak bagi citra dan kualitas rumah sakit. Tujuan: Mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan Poli Penyakit Dalam di salah satu Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo. Metode: Menggunakan metode cross sectional yang bersifat analitik observasional dengan teknik purposive sampling sebanyak 97 pasien rawat jalan. Hasil: Responden penelitian mayoritas berjenis kelamin perempuan rentan usia 56-65 tahun dengan riwayat pendidikan terakhir yaitu SMA dan bekerja sebagai ibu rumah tangga. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa dimensi mutu pelayanan Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty memiliki hubungan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan Poli Penyakit Dalam di salah satu Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: dr. Annisa Nurida, M. Kes. Dosen Pembimbing 2: dr. Nur Mujaddidah Mochtar, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Mutu pelayanan kesehatan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 05. Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:03
Last Modified: 12 Dec 2024 08:03
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9774

Actions (login required)

View Item View Item