Khofifah, Khofifah and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELOMPOK B TK DARUL KAROMAH KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (60kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Bercerita adalah metode pembelajaran yang dapat meningkatkan bahasa anak-anak, karena bahasa memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, yang bercerita tidak membosankan kemudian seiring dengan perkembangan teknologi. cerita dilakukan dengan menggunakan media audio-visual, sehingga belajar dengan mendongeng di anak usia dini tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan kemampuan bahasa pada anak-anak; 2) memberikan yang menyenangkan belajar melalui cerita dengan media audio-visual dalam kelompok B TK Darul Karomah di Larangan Kabupaten Pamekasan Metode penelitian dengan class action. Kepentingan penelitian siswa dalam kelompok B TK Darul Karomah di Larangan Kabupaten Pamekasan, yang terdiri dari 32 anak-anak, di Kecamatan Slawi Tegal. Teknik analisis data yang digunakan persentatif deskriptif dan anak aktivitas deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa dicapai oleh kelompok B TK Darul Karomah di Larangan Kabupaten Pamekasan lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan bahasa anak sebesar 50%, tapi setelah praktek penelitian tindakan kelas melalui mendongeng dengan menggunakan audio media visual, pada siklus I meningkat menjadi 75%, dan karena itu pengawasan dilakukan sehingga dalam siklus II meningkat mencapai 85%, dimana tingkat pencapaian yang memenuhi target dari penelitian ini adalah 85%, demikian pula, guru menjadi lebih mudah dalam menyampaikan cerita, dan memberikan fun learning. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui bercerita dengan media audio-visual bisa dikatakan sukses dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa anak, untuk itu direkomendasikan kepada semua guru yang bisa memberikan sebuah cerita mengatakan dengan bantuan media audio visual yang dapat menarik dan menyenangkan anak-anak. Kata kunci: Meningkatkan Pidato, Metode Bercerita, Media Audio-visual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 05:21 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 05:21 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1000 |
Actions (login required)
View Item |