NISA’, ZUHROTUN and Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes and Dra. Peni Suharti, M.Kes (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING (PENEMUAN TERBIMBING) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (175kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (108kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (144kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (146kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (77kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Nisa’, Zuhrotun. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (Penemuan Terbimbing) Pada Pembelajaran Biologi Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Kelas X Di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I. Dra. Wiwi Wikanta, M.Kes., Pembimbing II. Dra. Peni Suharti, M.Kes. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Guided Discovery Learning, Meningkatkan Keterampilan Proses. Pendekatan keterampilan proses adalah suatu bentuk pembelajaran yang menitik beratkan pada aktivitas dan kreativitas siswa untuk mengembangkan kemampuan fisik dan mental yang sudah dimiliki ke tingkat yang lebih tinggi dalam memproses perolehan belajarnya. Ada model pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk keterampilan proses yaitu model pembelajaran Guided discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model pembelajaran Guided discovery learning dalam meningkatkan keterampialn proses. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dan difokuskan pada masalah-masalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Tujuan PTK adalah memperbaiki pembelajaran secara langsung, dan hasil penelitiannya merupakan peningkatan terhadap mutu pembelajaran dilihat dari aspek kemampuan keterampilan proses siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses observasi/mengamati mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan rata-rata 2,49 menjadi 2,94 pada siklus 2 dan untuk keterampilan proses berkomunikasi mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan rata-rata 2,86 menjadi 3,25 pada siklus 2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan model pembelajaran Guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan keterampilan proses observasi/mengamati dan berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 03:16 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 07:19 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/101 |
Actions (login required)
View Item |