UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK ATK PKK LEMBUNG PAMEKASAN

Rusti, Wiwit Danial and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK ATK PKK LEMBUNG PAMEKASAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (83kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan untuk anak usia dini (0-8 tahun) merupakan pendidikan yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak-anak dari usia lainnya, sehingga pendidikan harus dilihat sebagai sesuatu yang eksklusif. Salah satu metode yang dapat digunakan oleh pendidik untuk meningkatkan kecerdasan spiritual adalah untuk memainkan peran. Kurangnya kecerdasan spiritual ke dalam masalah yang dihadapi anak-anak di kelompok A guru TK PKK di Lembung dari Pamekasan. Di bawah kondisi rumusan masalah yang diajukan dalam makalah ini adalah: Bagaimana untuk meningkatkan kecerdasan spiritual melalui metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di TK PKK di Lembung dari Pamekasan dengan menggunakan Action Research (PTK), yang merupakan dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terkandung dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa TK PKK kelompok A di Lembung dari Pamekasan pada tahun akademik 2014/2015 sebesar 24 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada siklus pertama menunjukkan bahwa kelengkapan siswa dalam studi hanya 63% atau sebanyak 15 siswa, maka pada siklus II meningkat menjadi 83% atau 20 siswa. Sementara siswa yang belum menyelesaikan studi pada siklus I adalah 37% atau sebanyak 9 siswa, dan kemudian pada siklus II menurun menjadi 17% atau sebanyak empat siswa. Secara garis besar, pelaksanaan pembelajaran telah sebagai peneliti diharapkan, dimana pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain peran bisa dikatakan sukses dalam rangka meningkatkan kecerdasan spiritual anak-anak, untuk itu dianjurkan untuk semua guru dapat memberikan kegiatan bermain peran yang menarik dan menyenangkan anak , selain guru juga harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang anak nyaman dan menyenangkan. Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Role Playing Metode

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:03
Last Modified: 17 Nov 2017 07:03
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1011

Actions (login required)

View Item View Item