UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA 1 - 10 MELALUI PERMAINAN STICK ANGKA DI TK. KEMALA BHAYANGKARI 87 MOJOSARI MOJOKERTO

Astuti, Endah Susilo and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA 1 - 10 MELALUI PERMAINAN STICK ANGKA DI TK. KEMALA BHAYANGKARI 87 MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (173kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] PDF (BAB 5 )
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Pandangan mutakhir tentang belajar menekankan pentingnya belajar sebagai suatu proses personal, yang dalam proses itu masing-masing anak membangun pengetahuan dan pengalaman yang mereka bawa ke pengalaman belajar. “Meaningful learning is learning that results when the learner makes connections between a new experience and prior knowledge and cxpcricncecs that were stored in long-term memory ” Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakan aktifitas guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?2) Bagaimanakan respon anak dalam meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto?3) Apakah permainan stick angka dapat meningkatkan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 di TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 77.78% siklus I 88.89 % dan Siklus II 100%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 66.67 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan membilang banyak benda 1 - 10 melalui permainan stick angka mengalami peningkatan dari pra siklus 20.83 % siklus I 70.83 % dan Siklus II 87.50 %. Kata Kunci: berhitung awal, stick angka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:35
Last Modified: 17 Nov 2017 07:35
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item