Khabibah, Nur and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMASANGKAN LAMBANG BILANGAN DENGAN BENDA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B PADA TK. JENDRAL SUDIRMAN DUSUN KETIDUR DESA PESANGGRAHAN KECAMATAN KUTOREJO KABUPATEN MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (220kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
Abstract
Survey awal yang dilakukan oleh peneliti pada anak kelompok B di TK. Jendral Sudirman Dusun Ketidur Desa Pesanggrahan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto, berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan bahwa guru sering menggunakan media gambar dalam mengembangkan berbagai kemampuan anak terutama dalam mengenal konsep bilangan, dan anak juga senang menggunakan media gambar, sehingga peneliti ingin meneliti apakah media gambar berpengaruh terhadap kemampuan memasangkan lambang bilangan dengan benda. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah aktifitas guru dan anak dalam peningkatan kemampuan memasangkan lambang bilangan dengan benda melalui metode pemberian tugas di kelompok B pada TK. Jendral Sudirman Dusun Ketidur Desa Pesanggrahan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto?2) Bagaimanakah respon anak dalam peningkatan kemampuan memasangkan lambang bilangan dengan benda melalui metode pemberian tugas di kelompok B pada TK. Jendral Sudirman Dusun Ketidur Desa Pesanggrahan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto3) Apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan memasangkan lambang bilangan dengan benda di TK. Jendral Sudirman Dusun Ketidur Desa Pesanggrahan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67% , siklus I 88.89 % dan Siklus II 100%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan memasangkan lambang bilangan dengan benda melalui metode pemberian tugas mengalami peningkatan dari pra siklus 25.53 % siklus I 65 % dan Siklus II 85 % Kata Kunci: kemampuan memasangkan lambang bilangan dengan benda, metode pemberian tugas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 08:24 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 08:24 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1022 |
Actions (login required)
View Item |