UMSurabaya Repository

Pengaruh model pembelajaran DOCAR terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP

Damayanti, Alfina (2023) Pengaruh model pembelajaran DOCAR terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh positif penggunaan model pembelajaran DOCAR terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari self efficacy pada penggunaan model pembelajaran DOCAR. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eperimental. Bentuk desain yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya yang terdiri dari enam kelas yang dipilih dua kelas sebagai sampel yang terdiri dari kelas eksperimen (VII-B) dan kelas kontrol (VII-A). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada t_hitung pada uji kesamaan dua rata-rata dengan nilai t_tabel=1,6715 untuk taraf nyata 0,05 dan df=58 adalah 4,366. Karena t_hitung=4,366≥t_tabel=1,6715 , maka H_0 ditolak dan alternatif diterima. Artinya, model pembelajarn DOCAR berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. (2) Nilai signifikansi pada uji ANOVA Dua Arah. Nilai signifikansi “Self_Efficacy” yaitu 0,0001 kurang dari nilai taraf nyata 0,05, sehingga H_0 ditolak dan alternatif diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Dr. Shoffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Febriana Kristanti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran DOCAR, Self Efficacy.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ika Budiyanti
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:40
Last Modified: 06 Aug 2025 03:40
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10271

Actions (login required)

View Item View Item