UMSurabaya Repository

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Polya Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa SMA

Patmawati, Desi (2023) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Polya Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (789kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Download (3MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa SMA ditinjau dari self-efficacy dalam pemecahan masalah berdasarkan Polya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa dari 33 siswa SMA Muhammadiyah 10 Surabaya kelas XI MIA, dipilih masing-masing 4 siswa dengan klasifikasi self-efficacy tinggi dan 4 siswa klasifikasi self-efficacy rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode angket, tes, wawancara dan rekaman. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dengan melakukan wawancara setelah siswa mengisi angket dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki self-efficacy tinggi memenuhi 2 hingga 3 dimensi self-efficacy dan dapat menyelesaikan masalah matematika. Sebaliknya dengan siswa dengan self-efficacy rendah hanya memenuhi 1 dimensi saja, belum mampu menyelesaikan permasalahan matematika. (2) siswa yang memiliki self-efficacy tinggi kemampuan literasi numerasi lebih unggul dari pada siswa yang memiliki self-efficacy rendah. Dengan rata-rata tes kemampuan literasi numerasi yang didapatkan yaitu 87.25 kategori sangat baik dan 52.25 dengan kategori cukup. Tidak terpenuhinya indikator kemampuan literasi numerasi berdasarkan Polya pada narasumber dengan self-efficacy rendah dikarenakan kurang cermat membaca soal, lebih menyukai soal secara langsung dari pada soal cerita, kurangnya memahami konsep matematika dan keliru dalam penyelesaian soal dan salah saat menghitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Febriana Kristanti, S.Si., M.Si., Dosen Pembimbing II: Dr. Shoffan Shoffa, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: literasi numerasi; permasalahan matematika; Polya; self-efficacy; soal cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ika Budiyanti
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:57
Last Modified: 06 Aug 2025 03:58
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item View Item