Andriyani, Sitta Ikarina and Dr Anna Marina, M.Si, Ak, CA and Dr. Siti Maroah, M.Pd (2014) PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN TIKET DALAM PENERIMAAN KAS DI PT.PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PELNI) PERSERO SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (273kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 1)
Download (229kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 2)
Download (402kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 3)
Download (167kB) | Preview |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
PT PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) Surabaya merupakan perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa yang melayani penjualan tiket penumpang kapal laut dan pengiriman barang atau muat container. PT PELNI (Persero) mengoptimalkan terhadap kepuasan dan pelayanan yang baik terhadap penumpang yang menyediakan sarana penyeberangan jalur laut antar pulau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian intern dalam penjualan tiket PT PELNI dan mengetahui peranan sistem pengendalian intern dalam penerimaan kas PT PELNI. Pada metode penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang berupaya untuk memberikan penjabaran yang luas terhadap informasi dan data yang terkait dengan sistem pengendalian intern serta peran pengendalian intern dalam penerimaan kas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun obyek penelitian yakni peranan sistem pengendalian intern penjualan tiket dalam penerimaan kas dan lokasi penelitian dilakukan di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur yang dijalankan oleh PT PELNI cukup baik, sesuai dengan konsep pembelajaran, selanjutnya dari segi peran pengendalian intern dalam penerimaan kas bahwasannya adanya pencocokan fisik dan pencatatan yang sesuai dengan transaksi penjualan dan harga tiket yang sudah diterapkan oleh PT PELNI (Persero) cabang Surabaya. Penulis menyimpulkan bahwa sistem penjualan tiket kapal laut PT PELNI (Persero) cabang Surabaya masih diberlakukan secara konvensional dan belum dibuat prosedur dalam flowchart secara tertulis dan tidak adanya auditor eksternal di kantor cabang yang belum diberlakukan pemeriksaan untuk menghindari kejadian kecurangan terhadap tugas atau kegiatan karyawan yang terkait dengan penerimaan kas dari penjualan tiket kapal laut atau laporan keuangan di PT PELNI (Persero) cabang Surabaya. Penulis menyarankan kepada PT PELNI (Persero) cabang Surabaya membuat prosedur dalam flowchart yang tertulis dan perlu diberlakukan pemeriksaan oleh auditor eksternal terhadap tugas atau kegiatan karyawan yang terkait dengan penerimaan kas atau laporan keuangan. Kata-kata Kunci: Sistem Pengendalian Intern penjualan tiket, Peranan Sistem Pengendalian Intern dalam penerimaan kas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | 02. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 03:13 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 03:13 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/103 |
Actions (login required)
View Item |