UMSurabaya Repository

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN KETERLIBATAN SISWA DALAM BELAJAR PADA SISWA MA MUHAMMADIYAH 1 PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN

AGMALA SARI, NUR and Dra. Wiwik Juwarini Prihastiwi, , M.PSi and Dewi Ilma Antawati, S.Psi,.M.Psi (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN KETERLIBATAN SISWA DALAM BELAJAR PADA SISWA MA MUHAMMADIYAH 1 PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (392kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN KETERLIBATAN SISWA DALAM BELAJAR PADA SISWA MA MUHAMMADIYAH 1 PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN Oleh : Nur Agmala Sari Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hubungan antara motivasi dengan keterlibatan siswa dalam belajar pada siswa MA Muhammadiyah 1 Karangasem Paciran Lamongan dengan mengendalikan orientasi tujuan penguasaan. (2) Mengetahui hubungan antara kebutuhan untuk mandiri dengan keterlibatan siswa dalam belajar. (3) Mengetahui hubungan antara kebutuhan untuk terhubung dengan orang lain dengan keterlibatan siswa dalam belajar. (4) Mengetahui hubungan antara kebutuhan untuk kompeten dengan keterlibatan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah 85 orang. Skala yang digunakan untuk mengukur keterlibatan siswa dalam belajar, berdasarkan dimensi Connell (Kusdiyati, 2015), skala motivasi berdasarkan dimensi Decy dan Ryan (2000), skala orientasi tujuan penguasaan berdasarkan dimensi Ames dan Archer (1988). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi parsial jenjang pertama. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi dengan keterlibatan siswa dalam belajar dengan mengendalikan orientasi tujuan penguasaan dengan koefisien korelasi 0,324 (p < 0,01), dalam penelitian ini juga diperoleh ada hubungan positif yang signifikan antara kebutuhan untuk mandiri dengan keterlibatan siswa dalam belajar dengan koefien korelasi 0,421, ada hubungan positif yang signifikan antara kebutuhan untuk terhubung dengan orang lain dengan keterlibatan siswa dalam belajar dengan koefien korelasi 0,455 dan ada hubungan positif yang signifikan antara kebutuhan untuk kompeten dengan keterlibatan siswa dalam belajar 0,794. Kata kunci: Keterlibatan siswa dalam belajar, Motivasi, Orientasi tujuan penguasaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: 07. Fakultas Psikologi > Prodi Psikologi
Depositing User: Users 322 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 03:27
Last Modified: 07 Nov 2017 07:58
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item