UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI KELOMPOK B TKIT HAJJAH JAWIYAH BADRIE SURABAYA

Ermiyati, Ermiyati and Dra. Badruli Martati, S.H.,M.A.,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI KELOMPOK B TKIT HAJJAH JAWIYAH BADRIE SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (215kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak di kelompok B TKIT Hajjah Jawiyah Badrie masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui media Alat Permainan Edukatif (APE) di kelompok B TKIT Hajjah Jawiyah Badrie Kecamatan Lakarsantri Surabaya Tahun Ajaran 2015-2016. Didalam penelitian ini pembelajaran ditekankan pada aktivitas anak dalam bentuk belajar sambil bermain yang dapat mengembangkan berbagai potensi anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel, yaitu membaca permulaan dan media APE. Media pembelajaran yang digunakan dengan melibatkan anak dalam pembuatan APE tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media alat permainan edukatif (APE) yang digunanakan pada pembelajaran dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelompok B TKIT Hajjah Jawiyah Badrie Surabaya.Sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu anak yang mampu membaca hanya 57.15%.Setelah dilakukan tindakan diperoleh hasil yaitu siklus I mencapai 70.09%, siklus II meningkat menjadi 83.26%.Hasil penelitian ini sudah mencapai indikator pencapaian. Kata kunci : membaca permulaan, bermain, alat permainan edukatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 20 Nov 2017 02:52
Last Modified: 20 Nov 2017 02:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item