Yantini, Yantini and Dra. Badruli Martati, S.H.,M.A.,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA DIKELOMPOK A TK BALITA MANDIRI KECAMATAN LAKARSANTRI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (233kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Bidang pengembangan kognitif di TK umumnya dikembangkan melalui kegiatan berhitung, membilang, mengelompokkan, mengenal bentuk, mengenal konsep bilangan dan angka. Berdasarkan hasil observasi di TK. Balita Mandiri ditemukan 5 anak mampu mengenal konsep bilangan 1-10 dengan baik, sedangkan 10 anak dalam megenal konsep bilangan 1-10 belum berkembang sesuai harapan. Selama ini dalam pembelajaran sehari-hari menggunakan metode bercerita dan pemberian tugas saja. Metode tersebut membuat anak menjadi pasif yaitu hanya mengerjakan soal-soal yang diberikan guru. Oleh karena itu peneliti menggunakan media kartu angka dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal konsep anak. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui penerapan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A Tk. Balita Mandiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk silkus berulang. Setiap siklus ada 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflaksi, Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A Tk. Balita Mandiri yang jumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dan menggunakan observasi dan dokumentasi. Pada siklus I diperoleh aktivitas guru sebesar 66,6%, mengurutkan angka sebesar 58.33%, membilang banyak benda 1-10 sebesar 53,33% dan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 sebesar 53,34%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I maka penelitian ini dilanjut pada siklus II oleh karena kriteria pencapaian tmgkat perkembangan anak yang diharapkan sebesar > 75% belum tercapai. Pada siklus II diperoleh data aktivitas guru sebesar 82,03%, mengurutkan angka sebesar 88,3%, membilang banyak benda 1-10 sebesar 86,6% dan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 sebesar 82,03%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 Tk. Balita Mandiri Kecamatan Lakarsantri. Kata kunci : konsep bilangan 1-10, media kartu angka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 20 Nov 2017 04:57 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 04:57 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1102 |
Actions (login required)
View Item |