Ernawati, Ernawati and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aristiana P. R., S.Sos.,M.Med.Kom (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UANG PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (332kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (357MB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
Abstract
Metode bermain peran merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep uang pada anak usia dini.Kognitif adalah suatu proses berpikir yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian/perstiwa, dan pengetahuan dibangun melalui kegiatan atau aktivitas pembelajaran Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal konsep uang pada anak usia dini melalui metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal dan menghitung uang pada anak usia dinimelalui metode bermain peran yangvariatif dan menyenangkan. Sumber data penelitian ini adalah anak TK ‘Aisyiyah 19 Surabaya kecamatan Bulak sejumlah 18 anak. Waktu penelitian pada semester I. Penelitian dilakukan selama 3 bulan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian tindakan kelas ini digunakananalisis deskripsi kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai anak juga untuk mengetahui respon anak terhadap kegiatan pembelajaran serta aktifitas anak selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui nilai ketuntasan kelas.Ketuntasan kelas pada observasi awal adalah 8 anak atau 44,4% dari seluruh anak. Pada siklus I ketuntasan kelas adalah 11 anak atau 61,1%. Pada siklus II ketuntasan kelas mencapai 83,3% atau 15 anak dari 18 anak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam penerapan metode bermain peran terhadap kemampuan mengenal konsep uang pada anak usia dini.Peningkatan pada observasi awal ke siklus I sebesar 16,6%. Dari siklus I ke siklus II sebesar 22,2%. Sebagai guru harus bisa menjadi perencana, pelaksana, fasilitator, dan penilai pembelajaran agar bisa meningkatan kemampuan mengenal konsep uang pada anak usia dini. Kata kunci : mengenal konsep uang, anak usia dini, metode bermain peran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 20 Nov 2017 08:48 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 08:48 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1128 |
Actions (login required)
View Item |