UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TERHADAP CIRI BENDA MELALUI AKTIVITAS SENSORI PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 58 SURABAYA

Faridah, Eni and Drs. Wahono, M.Si. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TERHADAP CIRI BENDA MELALUI AKTIVITAS SENSORI PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 58 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (350kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 38% atau dari 13 (tiga belas) anak sebanyak 5 (lima) anak pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya yang mampu mengenali ciri-ciri benda dengan menggunakan panca inderanya. Kemampuan kognitif anak dalam membedakan ciri benda menggunakan aktivitas sensori masih kurang dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan kurang menarik sehinggaindera sensori anak kurang dioptimalkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat capaian kemampuan kognitif anak terhadap ciri benda melalui aktivitas sensori. Di dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58 yang berjumlah 13 anak terdiri dari 6 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase untuk mengetahui kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan bermain melalui aktivitas sensori. Hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I kemampuan kognitif anak terhadap ciri benda melalui aktivitas sensori masih jauh dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 33,93% dengan nilai ketuntasan anak sebesar 51,92%. Dan pada siklus II sebesar 75,69% dengan nilai ketuntasan anak sebesar 78% ini berarti bahwa melalui aktivitas sensori kemampuan kognitif anak terhadap ciri benda mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan bermain melalui aktivitas sensori yang melibatkan indera secara langsung dengan cara melihat, meraba, dan menciumdapat meningkatkan kemampuan kognitif anak terhadap ciri benda terutama tentang tekstur, bau, rasa dan warna. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Aktivitas Sensori

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 06:49
Last Modified: 21 Nov 2017 06:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item