UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN 1-10 MELALUI METODE RESITASI (RECITATION METHOD) TEMA ALAM SEMESTA DI KELOMPOK B PADA RA. ROUDLOTUL ULUM DUSUN TUWIRI DESA SEDURI MOJOSARI MOJOKERTO

Ratnawati, Ratnawati and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Drs. Wahono, M.Si. (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN 1-10 MELALUI METODE RESITASI (RECITATION METHOD) TEMA ALAM SEMESTA DI KELOMPOK B PADA RA. ROUDLOTUL ULUM DUSUN TUWIRI DESA SEDURI MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (305kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang membutuhkan pemecahan masalah secara sederhana akan menantang anak. Banyak persoalan keseharian, bahkan yang sangat sederhana membutuhkan matematika untuk memecahkan persoalan tersebut (Suyanto, 2005: 58). Guru sebaiknya mendesain persoalan yang sesuai tahap perkembangan anak dan menggunakan media yang tepat untuk anak. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 melalui metode resitasi (recitation method) tema alam semesta pada kelompok B di RA. Roudlotul Ulum Dusun Tuwiri Desa Seduri Mojosari Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016?2) Bagaimana respon siswa dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 melalui metode resitasi (recitation method) tema alam semesta pada kelompok B di RA. Roudlotul Ulum Dusun Tuwiri Desa Seduri Mojosari Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016?3) Apakah metode resitasi (recitation method) tema alam semesta dapat meningkatkan kemampuan berbicara di RA. Roudlotul Ulum Dusun Tuwiri Desa Seduri Mojosari Mojokerto? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67% siklus I 77.78 % dan Siklus II 88.89%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan penjumlahan 1-10 melalui metode resitasi (recitation method) tema alam semesta mengalami peningkatan dari pra siklus 38.89 % siklus I 77.78 % dan Siklus II 94.44 %. Kata Kunci: kemampuan penjumlahan, metode resitasi (recitation method)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:06
Last Modified: 21 Nov 2017 07:06
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item