Fadillah , Nurul Anatul and Drs. Yarno, M.Pd and R. Panji Hermoyo, S.sos, M.Pd (2015) ANALISIS TINDAK TUTUR ANTARA SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH YASPI SINE KECAMATAN SINE KABUPATEN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (112kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 1)
Download (30kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 2)
Download (88kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 3)
Download (22kB) | Preview |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (104kB) |
Abstract
Mendeskripsikan penggunaan bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dan jenis tindak tutur langsung dan tidak langsung pada percakapan antara siswa dan guru pada proses pembelajaran. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode simak, rekam, dan catat. Hasil berdasarkan penggunaan bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi percakapan antara siswa dan guru pada proses pembelajaran. Bentuk tindak tutur lokusi diperoleh simpulan berupa kalimat pemberitahuan, menyatakan sesuatu, kalimat berita, dan kalimat memberi nasihat. Bentuk tindak tutur ilokusi diperoleh simpulan berupa memberikan informasi, melakukan sesuatu, kalimat perintah, dan memberikan pernyataan. Bentuk perlokusi diperoleh simpulan berupa memberikan tanggapan atau respon dari lawan tutur.Berdasarkan jenis tindak tutur langsung dan tidak langsung percakapan antara siswa dan guru pada proses pembelajaran. Jenis tindak tutur langsung diperoleh simpulan berupa kalimat beritadan kalimat tanya. Jenis tindak tutur tidak langsung diperoleh simpulan berupa kalimat yang bermakna lebih sopan. Kata kunci : tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, langsung, dan tidak langsung
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 07:30 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 07:30 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1234 |
Actions (login required)
View Item |