UMSurabaya Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM MEMBACA KATA MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH 23 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016

Aisyah, Siti and Drs. Wahono, M.Si. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM MEMBACA KATA MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH 23 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (337kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang ditulis. Sebelum dapat membaca, maka terlebih dahulu harus tahu huruf, lalu bisa merangkai menjadi kata-kata dan kalimat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak belum memahami huruf keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan mengetahui perkembangan kemampuan belajar anak dengan menggunakan kartu kata di TK Aisyiyah 23 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus dengan jumlah keseluruhan 20 anak yang diidentifikasi kurang mamu membaca kata 15 anak. Masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam membaca kata anak kelompok B TK Aisyiyah 23 Surabaya tahun pelajaran 2015-2016. Hal tersebut diindikasikan dari peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam membaca kata adlah pra siklus 25%, siklus I 45% dan mengalami peningkatan pada siklus II sbesar 90%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa anak dalam membaca kata anak kelompk B TK Aisyiyah 23 Surabaya tahun pelajaran 2015-2016 dinyatakan berhasil mencapai indikator kinerja. Hal ini tampak dari keaktifan anak, antusias anak, keberanian anak dalam membaca kata. Kata kunci : anak, berbahasa, dan membaca kata, kartu kata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:59
Last Modified: 21 Nov 2017 08:59
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item