Iriani, Hety and Drs. Wahono, M.Si. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2016) UPAYA PENINGKATAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA BALOK WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH 23 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (225kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Media balok di Taman Kanak – Kanak merupakan alat permainan edukatif yang terdiri dari macam-macam variasi bentuk yaitu lingkaran, segitiga, segiempat, persegi panjang, yang dalam penggunaannya dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk bangunan yang utuh serta dapat diubah sesuai dengan keinginan pemakai. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan penelitian ini adalah penggunaan metode belajar yang monoton dan membosankan kemungkinan mengakibatkan kemampuan kognitif anak rendah dan kemungkinan pemahaman anak rendah dalam mengenal bentuk, warna dan ukuran gometri karena kurangnya metode pengajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran bidang pengembangan kognitif pada anak kelompok B. Pelaksanaan ini dilakukan pada bulan November 2015 pada anak Kelompok B TK Aisyiyah 23 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas selama kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media balok dapat meningkatkan kognitif anak. Peningkatan kognitif anak melalui pemanfaatan media balok sebagai sumber belajar. Pada siklus I peningkatan kemampuan kognitif anak mencapai 60%. Pada siklus II rata-rata peningkatan kemampuan kognitif anak mencapai prosentase lebih dari 85%. Kata kunci : media balok warna, kemampuan kognitif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 09:45 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 09:45 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1253 |
Actions (login required)
View Item |