Kusjunanik, Kusjunanik and Drs. Wahono, M.Si. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK KENCANA WONOKUSUMO TENGAH No 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (319kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di Taman Kanak-kanak Kencana selama ini , kemampuan berbahasa anak kurang, diantaranya: anak kurang mampu dalam menjawab pertanyaa guru dan kurang memahami isi percakapan, sulit mengungkapkan pikiran dan sulit untuk bercerita sehingga kemampuan anak untuk menanggapi umpan balik pada kegiatan tersebut sangat pasif, anak kurang mampu mengekspresikan pendapatnya dan partisipasi anak dalam pembelajaran, serta kurang lancar dalam berkomunikasi dengan lingkungannya. Tujuan kemampuan berbahasa melalui mendongeng melalui boneka tangan yaitu: untuk mengetahui penerapan kegiatan mendongeng dengan menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok A TK Kencana baik. Maka perlu dilakukan tindakan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clssroom action research) yang meliputi dua siklus: tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri dari empat tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi kelas. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa setelah di berikan tindakan pembelajaran mendonggeng melalui boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Pada siklus I sebesar 63% dan pada siklus II mencapai 83%. Perilaku yang ditunjukkan anak pun berubah setelah di beri tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin percaya diri setiap tindakan di dalam kelas. Kata kunci: Kemampuan Berbahasa, Boneka Tangan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 11:48 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 11:48 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
View Item |