Cholifah, Nor and Drs. Abd. Ghoni, M.Kes and Dra. Lina Listiana, M.Kes (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (147kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (103kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (157kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (131kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (111kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Cholifah, Nur. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Drs. Abd. Ghoni, M.Kes., Pembimbing II: Dra. Lina Listiana, M.Kes. Pembelajaran saat ini banyak dikembangkan berbagai metode pembelajaran yang mengacu pada berbagai aspek terutama kondisi dan keadaan siswa sendiri, lingkungan sekolah dan fasilitas pendukung. Dari berbagai model pembelajaran konvensional dinilai sesuai untuk dikembangkan pada mata pelajaran biologi yang lebih banyak praktek untuk dampak yang baik dengan adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara siswa dengan guru dan meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan desain pretest dan postest group. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 sebagai kelompok ekperimen dan siswa kelas X2 sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil secara purposive random. Data hasil penelitian nilai hasil belajar diolah dengan metode statistik Uji-t melalui program spss 17. Hasil analisis data diperoleh bahwa thitung = 34,199 > ttabel = 1,69., ini berarti bahwa Hₒ ditolak dan Ha diterima. Penilaian keterampilan proses berdasarkan daftar yang terdapat pada lampiran Sehingga hasil sehingga hasil analisis kelompok eksperimen memiliki rata-rata 3,06 yang berkategorikan “Baik” dan kelompok kontrol memiliki rata-rata 2,24 yang berkategorikan “Cukup” ini berarti dari segi keterampilan proses kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode Guided Inquiry terhadap keterampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Kata Kunci : Pengaruh, Guided Inquiry, Keterampilan Proses, Hasil Belajar Biologi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 04:53 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 06:02 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/131 |
Actions (login required)
View Item |