ANAH HAJAR, ISTI’ and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd and Drs. Anjisman, M.Pd (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS TEACHER HERE (ETH ) PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (56kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (62kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (141kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (147kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Bab 6)
Download (7kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Hajar, Isti’ Anah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone is Teacher Here (ETH ). Pada Materi Ekosistem sebagai Upaya Meningkatkan hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Di Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing : Dra. Yuni Gayatri, M.Pd Kata Kunci : Kooperatif, Everyone is Teacher Here (ETH ), Hasil Belajar, Aktivitas Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here (ETH) pada Materi Ekosistem terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimental menggunakan desain One Group Pre-Test Post Test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya Tahun Ajaran 2013 / 2014. Variabel bebasnya adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here (ETH) dan Variabel terikatnya adalah hasil belajar dan aktivits siswa. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan Uji–T dan menghitung nilai presentasi siswa secara klasikal. Data hasil penelitian diperoleh bahwa ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 86.48 % dan t-hitung = 1.969 dan t–tabel = 1.691. Dan aktivitas siswa di kelas tinggi yang mencapai skor secara klasikal 71.75. Hal ini menunjukkan terdapat ketuntasan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here (ETH ) pada materi ekosistem terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 05:07 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 05:55 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/135 |
Actions (login required)
View Item |