UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE BIMBINGAN KLINIK BEDSIDE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMPETENSI VITAL SIGN PADA MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN

Al manik, M. Sundusin and Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes and Mundakir, S.Kep., Ns., M.Kep (2015) PENGARUH METODE BIMBINGAN KLINIK BEDSIDE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMPETENSI VITAL SIGN PADA MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (260kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (644kB)

Abstract

Dari jumlah 117 mahasiswa masih (60%) yang tidak lulus dalam pencapaian pemeriksaan Vital Sign, dan (40%) bahkan masih sedikit mahasiswa yang lulus dalam pemeriksaan Vital Sign karena selama ini masih menggunakan model bimbingan konsultasi pre conference dan post conference. tujuan penelitian Mengetahui pengaruh Metode pembelajaran Bedside Teaching Terhadap kemampuan kompetensi Vital Sign pada Praktik Klinik keperawatan mahasiswa DIII keperawatan Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Desain Penelitian menggunakan Analitik Quasy experimental. Populasinya sebanyak 117 orang, sampel yang digunakan 45 dari kelompok kontrol dan perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Variabel independen Bedside Teaching dan variabel dependen kompetensi Vital Sign. Pengumpulan data dengan lembar ceklist dan observasi. Analisa data uji statistik yang digunakan adalah wilcoxon dan paired t-test menggunakan SPSS 22 dengan signifikasi ρ < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sesudah diberikan pembelajaran Bedside Teaching adanya perbedaan dan sebagian besar berkompeten dalam pelaksanaan Vital Sign. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan uji paired t-test didapatkan ρ = 0,000 < α = 0,05 yang berarti H0 ditolak maka terdapat pengaruh metode pembelajaran Bedside Teaching terhadap kemampuan kompetensi Vital Sign pada mahasiswa Akademi Keperawatan pemerintah kabupaten lamongan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa pada kelompok perlakuan memiliki kemampuan kompetensi Vital Sign dengan metode bimbingan bedside teaching sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan skill mahasiswa. Kata Kunci : Bedside Teaching, Kompetensi Vital Sign

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Users 270 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:17
Last Modified: 24 Nov 2017 08:17
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item