Ulumuddin, Ihya (2016) Konsep Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (597kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (471kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (447kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (503kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (116kB) | Preview |
Abstract
Tujuan utama dalam pendidikan Islam adalah pencapaian karakter yang mulia sehingga tercipta kehidupan manusia yang harmonis, saling membantu, menjadi hubungan yang adil dan seimbang dalam kehidupan bermasyarakat. Makanya, budidaya moral kepada anak-anak dan generasi umat Islam sangat penting pada usia dini atau anak-anak yang nantinya sebagai orang dewasa mereka bisa menjadi generasi penerus yang memiliki sikap baik. Imam al-Ghazali adalah pemikir Islam terkemuka. Salah satu buku esainya yang fenomenal adalah IhyaUlumuddin. Buku ini membahas beberapa masalah pendidikan Islam. Salah satu yang menarik adalah pembahasannya tentang konsep pendidikan moral anak-anak. Berdasarkan latar belakang ini, masalah dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan moral dalam perspektif Imam Al-Ghazali ?, 2) Bagaimana konsep pendidikan moral anak-anak dalam perspektif Imam Al-Ghazali ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menentukan konsep pendidikan moral dalam perspektif imam al-Ghazali, 2). Untuk mengetahui konsep pendidikan moral anak-anak dalam perspektif imam al-Ghazali. Jenis penelitian dalam makalah ini adalah sejenis penelitian kepustakaan (library research), Sumber data dalam penelitian ini adalah buku-buku karya termasuk Imam Al-GhazaliIhya 'Ulumuddin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Kesimpulan: 1) Dalam perspektif imam pendidikan moral Al-Ghazali adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada pencipta untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Pemikiran mereka lebih berpola Sufi, sifat spiritual, dan menanamkan nilai-nilai moral. Ada empat kriteria dasar yang harus dimiliki manusia untuk mendapatkan derajat moral yang sempurna / lebih tinggi, yaitu: Kekuatan 'Ilmu (wisdom), kekuatan gila. kekuatan nafsu, dan kekuatan keseimbangan (keadilan). 2). Pendidikan moral anak-anak menurut Imam Al-Ghazali adalah proses sistem pendidikan sejak awal usianya (sejak kecil), jika anak dianggap pendidikan moral pada saat kecil, maka ia harus menjadi baik jika besar. Ada dua cara untuk mendidik dan mengasuh anak yaitu dengan membiasakan latihan dengan karakter saleh dan perbuatan dilakukan berulang-ulang. Hal ini juga dicapai dengan jalan untuk pemberian ilahi (sholat). Beberapa metode mendidik moral anak-anak, yaitu: metode habituasi, metode teladan, metode cerita (saga), saran metode, dan metode reward (hukuman).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Perspektif Moral Anak Imam Al-Ghazali |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 07:51 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 04:51 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1418 |
Actions (login required)
View Item |