Hadi, Reza Rachmatika Putri (2016) Penerapan Focus Group Discussion (Fgd) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 7 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (460kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (493kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (746kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (463kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (10kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
Abstract
Focus Group Discussion (FGD) meruapakan suatu istilah dalam bahasa inggris yang jika di artikan berarti diskusi kelompok terarah atau yang lebih sering di sebut dengan diskusi kelompok. Metode ini merupakan suatu upaya guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang baru dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Metode ini mengajarkan kepada siswa untuk menjadi seorang yang kritis rasional dan objektif di dalam berpikir untuk menganalisa dan menyelesaikan suatu permasalahan. Di dalam islam sendiri permasalahan tentang diskusi dan perbandingan disebut dengan mujadalah dan muqaranah, pada masa itu metode ini sudah menjadi tradisi ilmiah dalam memecahkan permasalahan sejak masa awal sejarah masalah, dalam al qur`an sendiri metode ini telah tercatat dan tertulis hampir setiap masa kenabian. Oleh karena itu penerapan FGD ini harus di integrasikan pada setiap KBM. Salah satunya pada mata pelajaran agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan focus group discussion dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menggunakan metode observasi, interview,dokumentasi dan angket. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan focus group discussion dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah di SMP Muhammadiyah 7 secara umum atau keseluruhan telah terealisasi dengan baik, akan tetapi berdasarkan pada nilai prosentasi yang di analisa oleh peneliti dapat di simpulkan bahawa penerapan FGD termasuk kedalam kategori cukup dengan nilai prosentase sebesar 75 % (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ini dirasa cukup baik dengan nilai prosentasi yang di analisa oleh peneliti maka hasilnya sebesar 75 % (3) Hubungan penerapan FGD dan Hasil Belajar dapat di katakan salaing berkaitan hal ini berdasar pada hasil dari analisi yangmana menunjukkan prosentase yang sama yaitu 75 %
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Focus Group Discussion (FGD), Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 14:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 04:18 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1454 |
Actions (login required)
View Item |