Suciati, Ninik and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2017) PERAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (90kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan emosi pada anak dapat membantu anak agar mampu menyeimbangkan kebutuhannya sendiri dengan kebutuhan orang lain dalam kegiatan individu maupun kelompok. Dalam permainan ular tangga anak dapat mengembangkan emosinya dengan mulai mengenal beberapa hal seperti merespon, memberi, dan menerima menolak atau setuju dengan ide membina hubungan dengan anak lain, bertingkahlaku sesuai dengan tuntutan masyarakat, menyesuaikan diri dengan teman sebaya, dapat memahami tingkah lakunya sendiri, dan paham setiap perbuatan ada konsekuensinya. Melalui permainan ulartangga yang berisikan gambar berbagai emosi diharapkan agar anak usia dini mampu mengenal emosinya dan bisa mengkomunikasikan emosinya dengan baik. Emosi yang ada pada anak-anak pada umumnya adalah amarah, takut, cemburu, ingintahu, irihati, gembira, sedih, kasihsayang. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei, penelitian deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Deskripsi hasil observasi dilakukan dengan melalui kegiatan anak dalam peran permainan ulartangga untuk mengembangkan emosi anak di PPT Permata Bunda Kecamatan Semampir Surabaya dengan mencatat nama anak-anak yang mampu dan tidak mampu mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu indikator tentang perkembangan emosi anak. Berdasarkan hasil analisa dan interpretasi data penelitian maka disimpulkan bahwa peran Permainan ulartangga untuk perkembangan emosi anak usia dini di PPT Permata Bunda Kecamatan Semampir Surabaya sangat membantu anak dalam dukungan belajar sehingga permainan ulartangga dijadikan alternatif pembelajaran dan sebuah solusi untuk memfasilitasi anak-anak yang memiliki energi gerak yang berlebih. Perkembangan emosi anak usia dini di PPT Permata Bunda Kecamatan Semampir Surabaya menggunakan permainan ular tangga sangat meningkat sehingga anak mampu menunjukkan emosi sedih dengan mimik cemberut, jika senang anak bertepuk tangan sambil bersorak, dan mampu mengikuti permainan dari awal sampai akhir dengan aktif dan penuh semangat karena di dalam kegiatan belajar mengajar permainan ini menyenangkan sehingga anak tertarik untuk belajar sambil bermain. Kata kunci : permainan ular tangga, perkembangan emosi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 26 Nov 2017 15:26 |
Last Modified: | 26 Nov 2017 15:26 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1476 |
Actions (login required)
View Item |