UMSurabaya Repository

ANALISIS BERCAKAP-CAKAP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PKK KALIJUDAN KECAMATAN MULYOREJO KOTA SURABAYA

Harmawati, Winda and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2017) ANALISIS BERCAKAP-CAKAP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PKK KALIJUDAN KECAMATAN MULYOREJO KOTA SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (52kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

Pendidikan di Taman Kanak-Kanak merupakan pondasi awal untuk menunjang keberhasilan pendidikan anak pada jenjang pendidikan selanjutnya. Agar anak tumbuh dengan kreatif maka anak perlu diberikan waktu seluas-luasnya, perlu tahu banyak hal dan mengerti banyak hal, dan perlu adanya kreativitas berkelompok.Bercakap-cakap adalah suatu cara penyampaian bahan peningkatan bahasa yang dilaksanakan melalui bentuk tanya jawab antara anak dengan guru atau anak dengan anak, yang dikomunikasikan secara lisan. Kemampuan bercakap-cakap merupakan suatu proses yang menggunakan bahasa ekspresif dalam bentuk, arti kata. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan analisa bercakap-cakap dalam pelaksanaan peningkatan kemampuan berbahasa Indonesia anak kelompok B di TK PKK Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Surabaya dan untuk mendeskripsikan prestasi kemampuan berbahasa Indonesia dengan analisa bercakap-cakap anak kelompok B di TK PKK Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Surabaya. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei, penelitian deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Deskripsi hasil observasi dilakukan dengan melalui kegiatan berbicara dan bercakap-cakap Kelompok B di TK PKK Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Surabaya. Sesuai dengan rencana kegiatan harian yang telah ditentukan dengan mencatat nama anak-anak yang mampu dan tidak mampu mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu indikator tentang kemampuan berbahasa. Berdasarkan hasil analisa dan interpretasi data penelitian maka disimpulkan bahwa Hasil penilaian kemampuan berbahasa Indonesia anak Kelompok B TK PKK Kalijudan Surabaya setelah menggunakan analisis bercakap-cakap ada peningkatan. Hasil belajar peserta didik sangat baik, karena dalam kegiatan belajar mengajar setelah menggunakan analisis bercakap-cakap peserta didik dikelompok B mengalami peningkatan. Data ini menunjukkan bahwa analisis bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia anak dari proses belajar mengajar secara partisipatif sangat baik. Kata kunci : peran guru, perkembangan, motorik halus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:37
Last Modified: 27 Nov 2017 02:37
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item View Item