Kusnah, Asmaul (2016) Pengaruh Kinerja Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Islam (Studi Kasus Guru dan Siswa Kelas VIII) di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (302kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (307kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (468kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (340kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (156kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
Abstract
Pada saat proses pembelajaran yang menuntut siswa yang lebih aktif dari pada guru, Siswa harus secara teratur menghasilkan pengetahuan sendiri, menggambarkan pengalaman yang berhubungan dengan materi pelajaran. Jadi dengan kinerja seorang guru yang baik akan membantu dalam meningkatkan prestasi siswa, terutama pada mata pelajaran Al-Islam. Penulis mencoba untuk mengkaji bagaimana prestasi siswa dalam mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Latar belakangnya bisa dirumuskan: pertama, bagaimana kinerja guru Al-Islam di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya; Kedua, bagaimana prestasi siswa dalam mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya; Ketiga, apakah ada pengaruh terhadap kinerja guru dalam prestasi belajar dalam belajar Al-Islam di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya; Keempat, sejauh mana pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di mata pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang menganalisis persentase. Dalam hal ini teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan analisis data untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kinerja guru dan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, peneliti menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil dari kinerja guru atau variabel X adalah 91,22%, sedangkan rata-rata prestasi belajar atau variabel Y adalah 81,06 siswa kelas delapan yang terdiri dari 60 siswa, Berdasarkan hasil perhitungan, hal tersebut menunjukkan bahwa Angka momen produk "r" sebesar 0,579 lebih besar dari "r" (0,254> 0,579> 0,330) dan berada dalam interval dari 0,400 sampai 6,00 dengan interpretasi bahwa variabel X dan Y berkorelasi satu sama lain. Penulis dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh kinerja guru dan prestasi belajar mata pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja guru, prestasi belajar siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 05:51 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 03:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1491 |
Actions (login required)
View Item |