Said, Moh. (2016) Studi Tentang Pengembangan Pondok Pesantren Modern Nurul Huda Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (354kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (163kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (277kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (106kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
PDF (Bab 6)
Download (76kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
Abstract
Salah satu bentuk perubahan pengelolaan pondok pesantren adalah munculnya pondok pesantren modern, yang menggabungkan antara unsur-unsur pendidikan Islam tradisional yang identik dengan kitab-kitab klasik dengan pendidikan Islam modern yang menggunakan sistem dan metode yang modern. Santri diajarkan berbahasa asing (Arab dan Inggris) yang memungkinkan untuk mengakses bacaan buku-buku umum yang cukup luas termasuk kepustakaan asing. Perpaduan dari kedua sistem pendidikan ini melahirkan sistem pendidikan yang komprehensif, tidak saja hanya menekankan penguasaan terhadap khazanah keilmuan Islam klasik tetapi juga mempunyai integritas keilmuan modern Dari sinilah penulis ingin mengadakan penelitian di Pondok pesantren Nurul Huda dengan judul “Studi Tentang Pengembangan Pondok Pesantren Modern Nurul Huda Surabaya”.. Adapun rumusan penelitian tersebut adalah: 1) Bagaimana pengembangan sistem pendidikan di Pondok pesantren Nurul Huda Surabaya. 2)Apa faktor yang mempengaruhi pengembangan system pendidikan di Pondok pesantren Nurul Huda Surabaya 3)Apa upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor yang mempengaruhi perkembangan sistem pendidikan Pondok pesantren Nurul Huda Surabaya Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis untuk menjelaskan fenomena-fenomena secara proporsional untuk menggambarkan keadaan suatu obyek. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif beberapa kata tertulis/lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Menurut mereka, pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu tersebut secara holistik (utuh). Hasil penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini serta sesuai dengan hasil paparan data dan pembahasan, maka penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Pengembangan Sistem Pendidikan Di Pondok pesantren Nurul Huda meliputi: program pendidikannya yang terdiri dari pendidikan formal yakni: SMP dan SMA dan pendidikan agama yakni: Madrasah Diniyah dan Madrasah Murottilil Qur’an. Sistem organisasi yang memberikan kemudahan kepada hampir semua proses pembelajaran, dan program pengembangan kurikulum. 2)Faktor-faktor Kendala Yang mempengaruhi Perkembangan Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Huda adalah: Faktor tenaga pengajar. Faktor santri/siswi. Faktor wali santri/siswi. Faktor organisasi. Dan Faktor lingkungan. 3)Upaya Yang Dilakukan Oleh Pondok pesantren Nurul Huda Dalam Mengatasi faktor-faktor Perkembangan Sistem Pendidikan adalah: Menyediakan fasilitas pendidikan dan fasilitas lainnya yang mendukung secara memadai. Memberikan pembekalan life skill melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Pondok Pesantren, Nurul Huda |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 06:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 04:46 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1499 |
Actions (login required)
View Item |