Murtiningrum, Murtiningrum (2016) Penanaman Nilai - Nilai Agama Islam Pada Anak Tunagrahita (Studi Kasus Pada Beberapa Siswa di SLB B-C Santi Mulia Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (455kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (129kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (377kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (158kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (14kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pengertian dari nilai-nilai agama islam itu sendiri merupakan sifat-sifat atau hal-hal yang melekat dalam agama islam yang digunakan sebagai dasar manusia untuk mencapai tujuan hidup yaitu mengabdi kepada Allah SWT, dan nilai-nilai tersebut perlu ditanamkan pada anak sejak kecil karena pada masa itulah yang tepat untuk menanamkan prilaku yang baik. Alasan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana dan apa saja yang guru pergunakan untuk melakukan penanaman dengan anak SLB penyandang tunagrahita. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana perencanaan penanaman nilai-nilai agama islam pada anak penyandang tunagrahita? Bagaimana pelaksanaan dalam penanaman nilai-nilai agama islam pada anak penyandang tunagrahita? apa saja faktor penentu keberhasilan komunikasi guru dalam penanaman nilai-nilai agama?dan bagaimana evaluasi penanaman nilai nilai agama islam? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif analisis dimana penelitian ini akan mendeskripsikan apa saja fenomena yang didapatkan dan dihasilkan di lokasi penelitian. Adapun data-data diperoleh dengan cara pencarian melalui dokumentasi berupa data-data yang bersifat teoritis berupa buku, data-data, dari dokumen yang berupa catatan formal, jurnal, dan sebagainya yang bersangkutan dengan judul. Penelitian juga melakukan observasi langsung di SLB B-C Santi Mulia Surabaya, sebagai lokasi studi penelitian. Peneliti juga melakukan wawancara kebeberapa narasumber yang dianggap tepat dalam memberikan informasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya penanaman nilai nilai agama pada anak penyandang tuna grahita sangat berguna dan bermanfaat untuk pengetahuan yang diterima oleh mereka danbentuk guru untuk mengajar kepada murid penyandang tunagrahita, cara atau strategi yang digunakan berupa metode ceramah yang mana guru terlihat lebih aktif untuk penanaman nilai-nilai agama islam pada anak penyandang tunagrahita di SLB B-C Santi Mulia Surabaya. Menejemen pendidikan juga digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. Adanya materi agama yang diajarkan kepada murid SLB B-C Santi Mulia Surabaya, dan materi ajar pun disesuaikan dengan kondisi anak muridnya karena keterbatasan mental yang dimiliki menjadi upaya dan faktor penentu keberhasilan guru dalam penanaman nilai-nilai agama pada anak penyandang tunagrahita di SLB B-C Santi Mulia Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman nilai agama Islam, tunagrahita, manejemen pendidikan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 06:21 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 04:07 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1501 |
Actions (login required)
View Item |